Jumat, 28 Agustus 2020

kata pengantar kurikulum





 
















KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang selalu memberikan rahmat dan karuniaNya kepada kita semua, khususnya warga UPTD SD Negeri 2 Raharja, Berkat bimbingan dan petunjukNya kami dapat menyusun  Kurikulum UPTD SD Negeri 2 Raharja Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kurikulum ini dikembangkan oleh Tim Pengembang Kurikulum UPTD SD Negeri 2 Raharja berdasarkan Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Proses, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian. Selanjutnya Standar Pendidikan Nasional tersebut dikemas dalam bentuk Kurikulum UPTD Sekolah Dasar Negeri 2 Raharja dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
Pengembangan kurikulum UPTD SD Negeri 2 Raharja didahului dengan melakukan Analisis Konteks, selanjutnya melalui tahapan penyusunan Draft, Review dan Revisi, Serta Finalisasi. Kurikulum ini akan menjadi acuan Operasional bagi guru, karyawan, peserta didik, dan komite sekolah dalam melaksanakan pendidikan khususnya kegiatan pembelajaran di UPTD SD Negeri 2 Raharja.walaupun pada awal tahun pelajaran 2020/2021 ini setuasi dan kondisi di negara kita umumnya,khususnya di wilayah Kota Banjar sedang dilanda musibah pandemi Covid 19. maka dalam implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan harus memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus , berdasarkan pertimbangan kurikulum UPTD SD Negeri 2 Raharja perlu mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus; dengan melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri, atas dasar pedoman kurikulum dalam setuasi khusus maka Satuan Pendidikan dalam kondisi khusus tidak diwajibkan untuk menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas atau kelulusan. Dalam setuasi dan kondisi pada saat ini kami tetap berharap mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang sempurna sesuai dengan setuasi kondisi saat ini.
Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Kurikulum ini. Meskipun kami telah berupaya mengembangkan kurikulum ini sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditentukan, namun kami menyadari tentu masih terdapat kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu saran dan masukan dari semua pihak, terutama dari Stakeholders sangat kami harapkan untuk memperbaiki kekurangan kami.
Harapan kami dengan menggunakan kurikulum ini sebagai acuan Pelaksanaan Pendidikan dan pembelajaran di UPTD SD Negeri 2 Raharja dapat terlaksana dengan baik dan mampu mengantarkan peserta didik menguasai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Tim Pengembang Kurikulum
UPTD SD Negeri 2 Raharja










ii









Tidak ada komentar:

Posting Komentar