Kamis, 19 Januari 2017

RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Penjaminan mutu merupakan kata kunci yang menjadi fenomena dalam Dunia Pendidikan, hal ini terjadi seiring dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.dan juga telah terwujudnya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Implementasi dari ketiga payung hukum tersebut di lakukan oleh pemerintah, antara lain dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah. Salah satu isi dari PerMendiknas tersebut adalah kompotensi manajerial, kepemimipinan merupakan standar kompetensi yang harus dimiliki dan diimplementasikan oleh kepala sekolah. Disamping itu pelaksanaan Otonomi Daerah mengharuskan kepala sekolah untuk mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi peraturan yang berlaku di daerah masing masing. Pada saat ini khusunya Pemerintah Kota Banjar yang sedang pesat-pesatnya melaksanaan pembangunan untuk menuju Banjar Good Governaet,langkah utama yang paling perioritas adalah pembangunan dibidang pendidikan agar terwujud sumber daya manusia yang berkualitas dan bermutu.bahkan dengan kebijakan dan harapan terwujudnya sekolah unggulan, kami khusus SD Negeri 2 Raharja yang akan diarahkan menjadi Sekolah Unggulan Wiyata Mandala Atas dasar latar belakang dan pokok pikiran tersebut maka berharap rancangan Sekolah Dasar Negeri 2 Raharja menjadi Sekolah Unggulan Wiyata Mandala bisa terwujud,bahkan lebih jauhnya ingin muncul sebuah julukan “SEKOLAH ASTANA” (ASRI, SEJUK, TERTIB, AMAN, NECIS DAN ALAMI) namun diharap itu kami prioritaskan dalam sebuah RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH secara kontinue. Secara kebetulan letak SD Negeri 2 Raharja berdampingan dengan TPU Desa Raharja (Astana Besar) yang keadaannya agak hening mencekam hal tersebut merupakan tantangan dan kelemahan, namun dengan hal tersebut kami jadikan motifasi timbulnya harapan semangat kerja yang tinggi.Dengan harapan meningkatnya Nilai Kepercayaan masyarakat/orang tua siswa terhadap sekolah. Untuk mewujudkan program tersebut kami mencoba menyusun Rencana setrategi sebagai bahan acuan dan pedoman dalam pelaksanaan pengembangan Sekolah berwawasan lingkungan pada tahun pelajaran 2016/2017 B. Dasar Hukum 1. Undang Undang Reppublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. Undang Undang Reppublik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan 4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah 5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan 6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah 7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) 8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2009 Tentang Standar biaya operasi nonpersonalia 9. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2005 tentang Rencan Pembangunan Jangka Panjang Nasional, beserta segala ketentuan yang dituangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional; dan 10. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 11. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. 12. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah 13. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah 14. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan 15. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. 16. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. 17. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan nomor 24 Tahun 2006 tentang pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, “Satuan pendidikan dapat mengadopsi atau mengadaptasi model Kurikulum Tingkat Satuan Pedidikan Dasar dan Menengah yang disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional bersama unit terkait 18. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. C. Tujuan Program Kerja Sekolah ini disusun dengan tujuan : 1. Sebagai pedoman pelaksanaan pemenuhan delapan Standar Nasional Pendidikan . 2. Sebagai pedoman pelaksanaan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja. 3. Sebagai alat kontrol terhadap pelaksanaan dan pemenuhan Standar pelayanan Minimal pendidikan . 4. Sebagai alat evaluasi terhadap pelaksanaan pengembangan sekolah di SD Negeri 2 Raharja. D. Sasaran 1. Memotivasi tenaga pendidik agar dapat dan sadar terhadap tugas dan kewajibannya, khususnya yang dapat dibuktikan dengan bukti fisik sebagai legalitas kerja yang professional. 2. Penataan dan pembenahan sarana dan prasaran serta lingkungan sekolah yang menuju sekolah Unggulan Wiyata Mandala menuju sekolah sehat. 3. Mengevaluasi dan pembenahan keuangan sekolah agar terwujud sekolah yang kondusip nyaman dan sejahtera E. Hasil yang diharapkan Secara umum dengan adanya Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini diharapkan kegiatan pelaksanaan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja,saling bersenergi satu sama lain. Senerginitas kegiatan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja antara Pengawas, kepala sekolah, komite dan guru , yang bermuara pada aktivitas siswa sehingga memberikan hasil yang bermakna diantaranya : 1. Terwujudnya komitmen dan kerja sama yang didukung dengan adanya aktivitas Pengawas, kepala sekolah, komite dan guru yang bermuara pada aktivitas peserta didik dan warga sekolah. 2. Terjadinya budaya kerja dan peningkatan profesionalitas secara bersama antara guru dengan kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam upaya menjamin mutu pendidikan khususnya mewujudkan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja. 3. Terwujudnya sejumlah peserta didik yang terampil berwawasan Berbasis lingkungan daerah dan siap melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. 4. Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusip. F. Manfaat 1. Terwujudnya peningkatan mutu pelayanan pembelajaran yang mendidik,menyenangkan,dan bermakna bagi siswa. 2. Meningkatnya pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kinerja guru dengan ditunjukkan perubahan perilaku mengajar yang lebih baik di dalam maupun di luar kelas. 3. Meningkatnya nilai kepercayaan masyarakat kepada sekolah dengan adanya penambahan peserta didik baru. 4. Terwujudnya lingkungan sekolah “ASTANA” (Asri, Sejuk, Tertib, Aman, Necis dan Alami) menuju sekolah sehat di SD Negeri 2 Raharja. BAB II PROFIL SEKOLAH 1. Data Pokok Satuan Pendidikan : a. NSS / NPSN : 101021418038 / 20225327 b. Nama Sekolah : SD NEGERI 2 RAHARJA c. Jenjang : SEKOLAH DASAR d. Status : NEGERI e. Alamat : a) Jalan : SILIWANGI KM.3,5 b) Desa/Kelurahan : RAHARJA c) Kecamatan : PURWAHARJA d) Kota : BANJAR e) Provinsi : JAWA BARAT f) Telepon.Fax : 0265.744596 g) Website/E-mail : Sdn2raharja@yahoo co.id f. Status Akreditasi : B g. Tanggal Validasi Dokumen KTSP Terakhir : 15 JULI 2014 h. Nama Kepala Sekolah : ADE,S.Pd i. Nama Pengawas Sekolah : HJ,EMI SUPARTI,S.Pd 2. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan a. Guru/Pendidik No Nama guru NUPTK Ijazah tertinggi Nama perguruan tinggi Jurusan/ Prodi Mata pelajaran yang diampu Bidang Sertifikasi Tahun Sertifikat No. Sertifikat Jabatan Status Kerja 1 ADE, S.Pd 9048741642200023 S,1 UPI Tasikmalaya PGSD Guru Kelas Porto Folio 2010 361002702247 Kepsek PNS 2 TATI ROHAYATI, S.Pd 4738737639300022 S,1 UGC PENJAS Guru Penjas Porto Folio 2010 361022003572 Guru PNS 3 CUCU HUSNIATI, S.Pd 7234738639300033 S,1 UT PGSD Guru Kelas PLPG 2011 1101102721894 Guru PNS 4 S.SUSILAWATI,S.Pd 9634738640300032 S,1 UT PGSD Guru Kelas Porto Folio 2008 100802710627 Guru PNS 5 N.E.KARTINI.S.PD.I 9948764666200032 S,1 STAIMA PAI Guru Agama Islam PLPG 2009 20912707680 Guru PNS 6 ELSY JULVITA,S.Pd 1038757660300013 S,1 Unsyiah PGSD Guru Kelas - - - Guru PNS 7 NINING KURNIASIH,S.Pd '6553745647300023 S,1 UPI Tasikmalaya PGSD Guru Kelas PLPG 2012 Guru PNS 8 ELIN DARLIAH, S.Pd 3647744646300042 S,1 STKIP PKN Guru Kelas PLPG 2011 1101102722049 Guru PNS 9 ROSI KANIA DEWI, S.Pd 1943765666300052 S,1 UPI Tasikmalaya PGSD Guru Kelas - - - Guru NON PNS 10 JAJANG NURJAMAN,S.Pd 9948764666200032 S,1 UT PGSD Guru Kelas - - - Guru NON PNS 11 ASTRI SULASTRI, S.Pd - S,1 UPI Tasikmalaya PGSD Guru Kelas - - - Guru NON PNS 12 SITI ROHMAH, S.Pd - S.1 Guru PAI - - - Guru NON PNS b. Tenaga Kependidikan No Nama Tenaga Pendidik NUPTK Ijazah tertinggi Nama perguruan tinggi Jurusan/ Prodi Mata pelajaran yang diampu Bidang Sertifikasi Tahun Sertifikat No. Sertifikat Jabatan Status Kerja 1 UHA/EROS - SLP - - - - - - PENJAGA SEK NON PNS 3. Data Siswa 3 Tahun Terakhir KELAS L/P 2013/2014 2015/2016 2016/2017 I L 12 13 10 P 13 15 9 JUMLAH 25 28 19 II L 11 12 10 P 17 13 13 JUMLAH 28 25 25 III L 11 13 14 P 15 15 15 JUMLAH 26 28 29 IV L 12 10 13 P 11 15 15 JUMLAH 23 25 28 V L 9 13 10 P 14 12 12 JUMLAH 23 25 22 VI L 11 9 13 P 9 14 12 JUMLAH 20 23 25 JUMLAH I - VI L 66 70 70 P 79 84 76 JUMLAH 145 154 146 KET : Jumlah Rombongan Belajar : Kelas I : 1 Rombongan Belajar Kelas II : 1 Rombongan Belajar Kelas III : 1 Rombongan Belajar Kelas IV : 1 Rombongan Belajar Kelas V : 1 Rombongan Belajar Kelas VI : 1 Rombongan Belajar 4. KKM, Hasil Ujian Sekolah, Rapor Siswa, dan Hasil Ujian Nasional A. KKM, HASIL UJIAN SEKOLAH & RAPOR SISWA 1 TAHUN TERAKHIR MATA PELAJARAN KKM KELAS VI NILAI UJIAN SEKOLAH RAPOR SISWA KELAS VI KKM SEKOLAH /MAPEL KETERANGAN Pendidikan Agama 75 81 81 75 PPKn 75 75 75 75 Bahasa Indonesia 75 78 78 75 Matematika 75 77 77 75 Ilmu Pengetahuan Alam 75 76 76 75 Ilmu Pengetahuan Sosial 75 74 74 75 Seni, Budaya dan Ketrampilan (SBK) 75 78 78 75 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 75 76 76 75 Muatan lokal 75 77 77 75 RATA-RATA 75 76.9 76.9 75 JUMLAH PESERTA 26 JUMLAH PESERTA LULUS 26 % LULUS 100% *nilai skala1-100 Jumlah Mapel= 9 NILAI MINIMAL DALAM SNP 75 B. UJIAN NASIONAL 1 TAHUN TERAKHIR UJIAN NASIONAL Bahasa Indonesia 8.02 Matematika 7.65 Ilmu Pengetahuan Alam 8.5 RATA-RATA 8.05 JUMLAH PESERTA 26 JUMLAH PESERTA LULUS 26 % LULUS 100% 5. Sarana dan Prasarana A. PRASARANA No PRASARANA MINIMUM SEKOLAH Status 1 RUANG KELAS 46% 2 RUANG PERPUSTAKAAN 78% 3 LABORATORIUM IPA 31% 4 RUANG PIMPINAN 90% 5 RUANG GURU 53% 6 TEMPAT BERIBADAH 50% 7 RUANG UKS 42% 8 JAMBAN 80% 9 GUDANG 50% 10 RUANG SIRKULASI 0% 11 TEMPAT BERMAIN/BEROLAHRAGA 0% 12 LABORATORIUM KOMPUTER 18% 13 LABORATORIUM BAHASA 7% I RUANG KELAS FUNGSI: tempat kegiatan pembelajaran teori, praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktik dengan alat khusus yang mudah dihadirkan NO KRITERIA DATA SAT A JUMLAH RUANG KELAS 6 KELAS B KAPASITAS MAKSIMUM 40 ORANG C RASIO LUAS RUANG KELAS - M2 D LUAS RUANG KELAS 56 M2 E LEBAR RUANG KELAS 7 M F SARANA 1 PERABOT a Kursi peserta didik 192 buah b Meja peserta didik 96 buah c Kursi guru 12 buah d Meja guru 12 buah e Lemari 10 buah f Rak hasil karya peserta didik buah g Papan pajang buah 2 PERALATAN PENDIDIKAN a Alat Peraga 10 buah 3 MEDIA PENDIDIKAN a Papan Tulis 13 buah 4 PERLENGKAPAN LAIN a Tempat sampah 21 buah b Tempat cuci tangan 4 buah c Jam Dinding 8 buah d Kotak Kontak buah II PERPUSTAKAAN FUNGSI: Ruang perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan peserta didik dan guru memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka dengan membaca, mengamati, mendengar, dan sekaligus tempat petugas mengelola perpustakaan. NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan 76 M2 B BUKU 1 Buku teks pelajaran 288 eksemplar 2 Buku panduan pendidik 132 eksemplar 3 Buku pengayaan 500 jumlah judul judul 4 Buku referensi judul 5 Sumber belajar lain judul   C PERABOT 1 Rak Buku 4 set 2 Rak Majalah 2 buah 3 Rak Surat Kabar 2 buah 4 Meja baca 12 buah 5 Kursi baca 24 buah 6 Kursi kerja 1 buah 7 Meja kerja/sirkulasi 1 buah 8 Lemari katalog 0 buah 9 Lemari 2 buah 10 Papan pengumuman 0 buah 11 Meja multimedia 0 buah D MEDIA PEMBELAJARAN 1 Peralatan multimedia 6 buah E PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Buku inventaris 1 buah 2 Tempat sampah 3 buah 3 Kotak kontak 0 buah 4 Jam dinding 1 buah III LABORATORIUM IPA FUNGSI: Alat bantu mendukung kegiatan dalam bentuk percobaan NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan m2 B PERABOT 1 Lemari buah C PERALATAN PENDIDIKAN 1 Model kerangka manusia buah 2 Model tubuh manusia 1 buah 3 Globe 6 buah 4 Model tata surya 1 buah 5 Kaca pembesar 6 buah 6 Cermin datar 6 buah 7 Cermin cekung 6 buah   8 Cermin cembung 6 buah 9 Lensa datar 6 buah 10 Lensa cekung 6 buah 11 Lensa cembung 6 buah 12 Magnet batang 6 buah 13 Poster IPA 6 buah IV RUANG PIMPINAN FUNGSI: Tempat melakukan kegiatan pengelolaan sekolah/madrasah, pertemuan dengan sejumlah kecil guru, orang tua murid, unsur komite sekolah/majelis madrasah, petugas dinas pendidikan atau tamu lainnya NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan 48 m2 2 Lebar minimum 6 m B PERABOT 1 Kursi pimpinan 1 buah 2 Meja pimpinan 1 buah 3 Kursi dan meja tamu 1 set 4 Lemari 2 buah 5 Papan statistik 1 buah C PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Simbol kenegaraan 3 set 2 Tempat sampah 3 buah 3 Mesin ketik/komputer 2 set 4 Filing kabinet 0 buah 5 Brankas 0 buah 6 Jam dinding 1 buah 7 Telepon 1 buah V RUANG GURU FUNGSI: Tempat melakukan kegiatan pengelolaan sekolah/madrasah, pertemuan dengan sejumlah kecil guru, orang tua murid, unsur komite sekolah/majelis madrasah, petugas dinas pendidikan atau tamu lainnya NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Rasio minimum 2,4 m2/pendidik 2 luas minimum 336 m2 B PERABOT 1 Kursi kerja 10 buah 2 Meja kerja 10 buah 3 Lemari 2 buah 4 Papan statistik 1 buah 5 Papan pengumuman 1 buah C PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Tempat sampah 3 buah 2 Tempat cuci tangan 0 buah 3 Jam dinding 1 buah 4 Penandawaktu 0 buah 5 Telepon 1 buah VI TEMPAT BERIBADAH FUNGSI: tempat warga sekolah/madrasah melakukan ibadah yang diwajibkan oleh agama masing-masing pada waktu sekolah NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 luas minimum 18 m2 B PERABOT 1 Rak 0 buah C PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Perlengkapan ibadah 3 2 Jam dinding 0 buah VII RUANG UKS FUNGSI: tempat untuk penanganan dini peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan di sekolah/madrasah. NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 luas 9 m2 B PERABOT 1 Tempat tidur 1 set 2 Lemari 1 buah 3 Meja 1 buah 4 Kursi 2 buah C PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Buku catatan kesehatan peserta didik 4 buah 2 Peralatan P3K 2 set 3 Tandu 0 set 4 Selimut 0 buah 5 Tensimeter 2 buah 6 Termometer badan 2 buah 7 Timbangan badan 2 buah 8 Pengukur tinggi badan 2 buah 9 Tempat sampah 0 buah 10 Tempat cuci tangan 0 buah 11 Jam dinding 0 buah 12 Telepon 0 buah VIII JAMBAN FUNGSI: Tempat buang air besar atau kecil NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Rasio jumlah laki2 thd jamban 48.7 siswa per jamban 2 Rasio jumlah perempuan thd jamban 48.0 siswa per jamban 3 Rasio jumlah guru thd jamban guru per jamban 4 jumlah jamban 3 jamban 5 luas 3 m2/jamban B PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Kloset jongkok 3 buah 2 Tempat air 3 buah 3 Gayung 3 buah 4 Gantungan pakaian 0 buah 5 Tempat sampah 0 buah IX GUDANG FUNGSI: tempat penyimpanan alat pembelajaran diluar kelas / tempat penyimpanan alat pembelajaran diluar kelas NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 luas 9 m2 B PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Lemari 1 buah 2 Rak 1 buah X RUANG SIRKULASI FUNGSI: tempat penghubung antar ruang dalam bangunan sekolah/madrasah dan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan bermain dan interaksi sosial peserta didik di luar jam pelajaran, terutama pada saat hujan ketika tidak memungkinkan kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah/madrasah. NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 1 luas m 2 lebar m 3 tinggi m XI Tempat Bermain/Berolahraga NO KRITERIA DATA SAT A LAHAN 1 Luas lahan 270 m2 VI LABORATORIUM KOMPUTER FUNGSI: tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran TIK secara praktik yang memerlukan peralatan khusus NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan 0 m2 2 Rasio minimum 2 m2/peserta didik 3 Lebar 0 m B PERABOT 1 Kursi peserta didik 0 buah 2 Kursi guru 0 buah 3 Meja peserta didik 0 buah 4 Meja guru 0 buah C PERALATAN PENDIDIKAN 1 Komputer peserta didik 0 buah 2 Komputer guru 2 buah 3 Printer 2 buah 4 Scanner 1 buah 5 Titik akses internet 1 buah 6 LAN 0 buah 7 Modul praktik 0 buah D MEDIA PENDIDIKAN 1 Papan tulis 0 buah E PERLNGKAPAN LAINNYA 1 Kotak kontak 0 buah 2 Tempat sampah 2 buah 3 Jam dinding 1 buah   VII LABORATORIUM BAHASA FUNGSI: tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran Bahasa secara praktik yang memerlukan peralatan khusus NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan 0 m2 2 Rasio minimum 2 m2/siswa 3 Lebar minimum 0 m2 B PERABOT 1 Kursi peserta didik 0 buah 2 Kursi guru 0 buah 3 Meja peserta didik 0 buah 4 Meja guru 0 buah C PERALATAN PENDIDIKAN 1 Perangkat multimedia 0 set D MEDIA PENDIDIKAN 1 Papan tulis 0 buah E PERLNGKAPAN LAINNYA 1 Kotak kontak 0 buah 2 Tempat sampah 0 buah 3 Jam dinding 0 buah B. LAHAN DAN BANGUNAN I LAHAN LUAS LAHAN 1500 m2 JUMLAH LANTAI BANGUNAN 700 JUMLAH ROMBEL 6 JUMLAH SISWA 145 ORANG RASIO LAHAN THD SISWA 10.34 STANDAR RASIO LAHAN THD SISWA 0   II BANGUNAN LUAS BANGUNAN 536.5 m2 JUMLAH LANTAI BANGUNAN 700 JUMLAH ROMBEL 6 JUMLAH SISWA 145 ORANG RASIO LAHAN THD SISWA 3.70 STANDAR RASIO LAHAN THD SISWA 0 BAB. III IDENTIFIKASI PELAKSANAAN RKT TAHUN LALU A. Upaya-upaya yang telah dilakukan Upaya yang telah dilakukan pada tahun yang lalu pertama perumasan visi dan misi sekolah dan mengadakan analisis didalam dan diluar sekolah ,yaitu : a. VISI DAN MISI SEKOLAH  VISI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RAHARJA “ MEWUJUDKAN INSAN YANG CERDAS, TERAMPIL DIDASARI IMAN DAN TAQWA SERTA CINTA LINGKUNGAN HIDUP MENUJU SEKOLAH SEHAT ”.  MISI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RAHARJA a. Mengembangkan pembelajaran melalui pendekatan PAIKEM b. Meningkatkan keimanan ,ketakwaan dan membina akhlak mulia c. Mengefektifkan extrakurikuler pramuka dan Olahraga d. Menyiapkan generasi yang memiliki dasar dibidang IPTEK e. Menanamkan cinta lingkungan hidup f. Membudayakan hidup sehat Untuk mencapai misi tersebut, disiapkan langkah strategis sebagai berikut 1. Melaksanakan program peningkatan kompetensi personil sesuai Tugas dan Fungsinya. 2. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan sesuai kebutuhan. 3. Mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan, metode, teknik, dan pemilihan media serta alat belajar yang sesuai. 4. Melaksanakan program pengembangan diri melalui bimbingan, kegiatan ekskul, serta pembiasaan yang dilandasi nilai budaya dan karakter bangsa. 5. Mengembangkan budaya sekolah yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa serta cita lingkungan hidup menuju sekolah sehat. 6. Membangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan 7. Menjalin hubungan kemitraan dengan orang tua, steakholder dan masyarakat dalam mengembangkan program sekolah. B. STRATEGI PENGEMBANGAN SEKOLAH Dalam mewujudkan kondisi ideal sekolah sebagai mana yang diharapkan oleh seluruh stakeholders, yang tertuang pada visi, misi dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan .maka dengan hal tersebut perlu dilakukan identifikasi untuk menentukan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sekolah. Serta dilakukan pendataan peluang dan ancaman yang berada di luar sekolah.  Analis SWOT (Strenght Weakness Opportunity Threat) Setelah melakukan identifikasi untuk menemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki SD Negeri 2 Raharja, maka diperoleh data-data sebagai berikut : a. Kekuatan Sekolah (Strength) : 1. Keadaan bangunan sekolah 70 % baik. 2. Jumlah tenaga pendidik, dan non kependidikan cukup. 3. Situasi lingkungan sekolah cukup nyaman, tenang, dan mendukung. 4. Adanya bantuan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat maupun provinsi. 5. Mempunyai 1 unit computer,2 buah laktop untuk menunjang kelancaran ketatalaksanaan b. Kelemahan Sekolah (Weakness) : 1. Ruang belajar 3 ruang kondisinya sudah rusak. 2. Lingkungan sekitar sekolah yang kurang mendukung karena berbatasan dengan TPU Desa Raharja, cukup mengganggu mental siswa bila ada pemakaman pada hari-hari sekolah. 3. Lemahnya kemauan guru untuk berinovasi dalam proses pembelajaran. 4. Belum memiliki ruangan untuk pembelajaran ICT. 5. Tenaga pendidik masih lemah dalam menguasai ketrampilan computer. 6. Masih kekurangan satu orang guru kelas. 7. Tidak memiliki penjaga sekolah yang tetap. 8. Tidak mempunyai tenaga kependidikan / tata usaha, operator yang tetap. 9. Masih terdapat guru yang belum diakui kualifikasi akademiknya (Kelinieran) c. Peluang yang dapat dikembangkan (Opportunity) : 1. Dukungan orang tua ingin menyekolahkan ke SDN 2 Raharja cukup tinggi 2. Semangat belajar anak yang cukup tinggi. 3. Pengembangan pelajaran muatan lokal dan ekstrakurikuler bisa berkolaburasi dengan lingkungan sekitar sekolah. 4. Banyak yang berminat menjadi penjaga sekolah. 5. Banyak yang berminat menjadi tenaga kependidikan/tata usaha. d. Ancaman dari luar (Threat) : 1. Orang tua siswa mayoritas ekonomi lemah dan buruh kasar 2. Rawan pencurian karena letak sekolah berada di pinggir jalan raya 3. Letak dan jarak sekolah sangat dekat dengan sekolah lain. e. Strategi Pengembangan Sekolah 1. Standar Kompetensi Lulusan • Meningkatkan penggunaan dan pemanpaatan berbagai referensi belajar oleh siswa dalam memahami kompetensi dasar suatu materi untuk pelajaran IPA, IPS, PKn dan PAI bagi siswa kelas 4, 5 dan 6. • Peningkatan kebiasaan berperilaku santun dan ucapan yang baik dan hormat. • Pembiasaan merealisasikan karya seni dan budaya, kebugaran jasmani, serta penggunaan teknologi yang sehat dalam pendidikan di sekolah bagi seluruh siswa SDN 2 Raharja. 2. Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan • Memotivasi guru PNS dan NON PNS untuk menyelesaikan kualifikasi akademiknya (Kelinieran). • Mengikutsertakan pelatihan-pelatihan, penataran, seminar, loka karya, KKG, KKKS, Pertemuan llmiah, dan lain sebagainya. • Merekrut nara sumber sebagai tenaga akhli. • Meningkatkan kemampuan professional dan disiplin kerja melalui berbagai pembinaan. 3. Standar Sarana Prasarana • Membangun sarana yang belum ada, memperbaiki yang rusak dan meningkatkan upaya pemeliharaan. • Melengkapi kekurangan alat peraga dan media pembelajaran sampai memadai. • Mengupayakan dan melengkapi sarana penunjang kegiatan ekstra kurikuler • Memprioritaskan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana yang ada. 4. Standar Proses • Meningkatkan pelayanan bimbingan penyuluhan terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar. • Meningkatkan aktifitas kegiatan ekstrakurikuler. • Meningkatan bimbingan terhadap siswa yang berbakat/berpotensi kegiatan non akademis. • Menanamkan sikap daya saing yang sehat dan sportif dalam berprestasi. • Memberikan peluang kepada siswa untuk mengikuti berbagai kompetisi. 5. Standar Isi • Meningkatan pelayanan pembelajaran dengan media dan teknik yang variatif dan menyenangkan sesuai kaidah PAIKEM • Mengembangkan sistem Pemebelajaran Tuntas. • Mengembangkan pendidikan kecakapan hidup (life skill). • Mengembangkan pendidikan berbasis keunggulan local dan global • Pengembangan pendidikan kecakapan hidup 6. Standar Pembiayaan • Meningkatkan manajemen pengelolaan dan pemanfaat dana pendidikan. • Mencari donatur dari Pemerintah dan DUDI • Meningkatkan kesejateraan personal. • Membina gemar menabung dan meningkatkan manajemen pengelolaannya. • Mengadakan pentas seni di akhir tahun pelajaran 7. Standar Pengelolaan • Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam upaya meningkatkan kepedulian / peran serta masyarakat dalam memajukan pendidikan. • Membentuk ketua koordinasi dari setiap kelas. • Meningkatkan peran, fungsi dan kontribusi komite sekolah guna meningkatkan integritas dan kemajuan sekolah. • Memperluas ruang partisipasi masyarakat dalam membuat kebijakan sekolah. 8. Standar Penilaian • Mengerjakan administrasi sekolah,administrasi guru kelas, administrasi guru mata pelajaran diantaranya bidang kesiswaan,proses dan hasil belajar sebagai persiapan akreditasi. • Mengadakan Penilaian Proses dan Hasil Belajar Siswa setiap akhir Kompetensi Dasar dari setiap kelas. • Melaksanakan Ulangan Tengah Semester untuk setiap kelas. • Melaksanakan Ulangan Akhir Semester untuk setiap kelas. • Melaksanakan Ulangan Kenaikan Kelas untuk setiap kelas. • Melaksanakan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional bagi siswa kelas enam. Pada rencana kerja sekolah pada tahun pelajaran yang lalu( Tahun Pelajaran 2015/2016) belum tercapai seratus prosen, masih banyak program yang belum terselesaikan, sesuai dengan grafik dibawah ini. KEGIATAN YANG SUDAH DICAPAI BAB . IV KONDISI SEKOLAH SAAT INI A. DESKRIFSI HASIL PENCAPAIAN SNP Kondisi SD Negeri 2 Raharja pada saat ini dari hasil analisis kami dengan masa bakti begitu singkat dan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Standar Isi Standar isi pendidikan adalah mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan dan jenis pendidikan tertentu. Standar isi memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan dan kalender pendidikan/akademik, perlu diketahui pada tahun ini merupakan masa transisi dengan adanya kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 dan kembali lagi penggunaan Kurikulum 2006, sedangkan untuk mata pelajaran pendidikan agama menggunakan Kurikulum 2013. • Kelompok Mata Pelajaran dan Kedalaman Isi Standar isi pendidikan mengatur kerangka dasar kurikulum, beban belajar, kalender akademik, dan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Standar isi mencakup lingkup dan kedalaman materi pembelajaran untuk memenuhi standar kompetensi lulusan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SDN 2 Raharja terdiri dari: kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; kelompok mata pelajaran estetika; dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan. Setiap kelompok mata pelajaran sebagian masih dilaksanakan secara parsial kecuali untuk kelas 1, 2 dan 3 karena telah menggunakan pendekatan tematik. Sehingga pembelajaran masing-masing kelompok mata pelajaran belum mewarnai pemahaman dan penghayatan peserta didik. • Beban Belajar Beban belajar SDN 2 Raharja belum diperhitungkan secara maksimal dan terinci dengan menggunakan jam pembelajaran per minggu per semester dengan sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur sesuai dengan kebutuhan dan ciri khas masing-masing. • Kurikulum Kecakapan Hidup Kurikulum di SDN 2 Raharja telah memasukkan pendidikan kecakapan hidup, namun pendidikan kecakapan hidup yang telah dijalankan baru mencakup kecakapan pribadi dan kecapakan sosial sedangkan kecakapan akademik dan kecakapan vokasional belum dikembangkan sepenuhnya. Seharusnya pendidikan kecakapan hidup dapat merupakan bagian dari pendidikan kelompok kewarganegaraan, keimanan dan ketakwaan, pendidikan akhlak mulia dan kepribadian, pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan estetika, atau pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. • Kurikulum Muatan Lokal Kurikulum untuk SDN 2 Raharja seharusnya dapat memasukkan pendidikan berbasis keunggulan lokal, namun dengan terbatasnya kemampuan sumber daya manusia sehingga kurikulum muatan lokal hanya mengacu pada keputusan hasil rapat kerja kepala sekolah. Akibat dari penyeragaman tersebut maka keunggulan lokal menjadi tidak tereksplorasi. Kurikulum muatan lokal mengacu pada referensi Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat yang terdiri dari Bahasa Sunda, Bahasa Inggris dan Karawitan sunda. • Kalender Pendidikan Waktu pembelajaran yang dituangkan dalam kalender pendidikan atau kalender akademik mencakup awal tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur. Untuk setiap satuan pendidikan harus mengacu pada peraturan menteri, khususnya sekolah dasar negeri. 2. Standar Proses Untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien seharusnya setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan, pelaksanaan, penilaian proses pembelajaran, dan pengawasan yang baik. Perencanaan di SDN 2 Raharja telah dibuat secara rutin dan konsisten namun sebenarnya harus didukung oleh sekurang-kurangnya dokumen kurikulum, silabus untuk setiap mata pelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku teks pelajaran, pedoman penilaian, dan alat/media pembelajaran. Melalui KKG, silabus dan RPP dibuat secara kelompok dalam satuan gugus sekolah karena terbatasnya kemampuan guru. Pelaksanaan proses pembelajaran sementara ini belum memungkinkan memperhatikan jumlah maksimal peserta didik per kelas dan beban mengajar maksimal per pendidik karena faktor kebutuhan ruang yang tidak memenuhi syarat. Rasio maksimal buku teks pelajaran per peserta didik, dan rasio maksimal jumlah peserta didik per pendidik juga mengalami perubahan setiap ganti tahun pelajaran. Penilaian proses pembelajaran di SDN 2 Raharja untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya menggunakan berbagai teknik penilaian, termasuk ulangan dan atau penugasan, sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai dalam satu tahun. Penilaian proses pembelajaran untuk kelompok mata pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi belum mencakup observasi dan evaluasi harian secara individual terhadap peserta didik, serta observasi dan evaluasi harian secara individual yang dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester. Penilaian proses pembelajaran baru dalam tahap mencakup aspek kognitif sedangkan aspek psikomotorik, dan afektif sering diabaikan. Pengawasan baru mencakup pemantauan, supervisi, evaluasi, sedangkan pelaporan, dan pengambilan langkah tindak lanjut yang diperlukan belum secara konsisten dilakukan. 3.Standar Kompetensi Lulusan Standar kompetensi lulusan seharusnya meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran, termasuk kompetensi membaca dan menulis. Kompetensi lulusan juga mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Namun jika standar kompetensi lulusan di SDN 2 Raharja mengacu pada standar ketuntasan belajar yang tinggi, maka angka mengulang di kelas VI akan melebihi 5% disebabkan input siswa kelas I yang beragam kemampuan. Oleh karena itu Standar Kompetensi Lulusan di SDN 2 Raharja diarahkan secara bertahap untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut dan mengacu sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 pengembangan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. 4.Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Standar pendidik di SDN 2 Raharja ditinjau dari kompetensi guru diantaranya Kompetensi pedagogik : Dalam hal perencangan dan pelaksanaan pembelajaran para pendidik masih konvensional. Pengembangan peserta didik dalam mengaktualisasikan diri belum maksimal. Mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013,khususnya kelas III dan VI Ditingkat Kota Banjar dan tingkat gugus. Kompetensi kepribadian : Rendahnya konsep diri dan pencitraan diri seorang pendidik menyebabkan para pendidik memiliki kepribadian yang labil. Kompetensi sosial : Rasa humanisme yang terbangun kadangkala mengurangi derajat profesionalisme sehingga para pendidik cenderung bersifat subyektif. Kompetensi profesional: Dengan belum terpenuhi ketiga kompetensi sehingga sampai saat ini tenaga pendidik belum memperlihatkan betul-betul keprofesionalanya. 5.Standar Prasarana dan Sarana SDN 2 Raharja dalam hal standar prasarana pendidikan yang mencakup persyaratan minimal dan wajib dimiliki oleh setiap satuan pendidikan belum terpenuhi seluruhnya yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang kantin, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, dan tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Standar sarana pendidikan mencakup persyaratan minimal tentang perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan pengadaannya telah dilakukan secara bertahap sesuai skala prioritas. Bahkan pada tahun 2015 ini benteng pembatas TPU Desa Raharja dengan Sekolah roboh akibat lumpur musim penghujan masa lalu, maka dengan hal itu adalah merupakan perencanaan yang bersipat prioritas.karena pada tahun pelajaran 2016/2017 belum terealisasi,berharap pada tahun pelajaran 2016/2017 bisa diselesaikan. 6.Standar Pengelolaan SDN 2 Raharja dikelola atas dasar Rencana Pengembangan Sekolah dan Rencana Kerja Tahunan meskipun masih sangat jauh dari sempurna. Selama ini rencana kerja tahunan merupakan penjabaran dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang melipuri masa 4 (empat) tahun. Rencana kerja meliputi sekurang-kurangnya jadwal pembelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstrakurikuler dan hari libur; mata pelajaran yang ditawarkan pada semester gasal, semester genap, penugasan pendidik pada mata pelajaran dan kegiatan lainnya; buku teks pelajaran yang dipakai pada masing-masing mata pelajaran; jadwal penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pelajaran, pengadaan, penggunaan, dan persediaan minimal bahan habis pakai; program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang meliputi sekurang-kurangnya mencakup jenis, durasi, peserta dan penyelenggara program, jadwal rapat Dewan pendidik, rapat konsultasi satuan pendidikan dengan orang tua/wali murid, dan rapat satuan pendidikan dengan komite sekolah; rencana anggaran pendapatan dan belanja satuan pendidikan untuk masa kerja satu tahun; jadwal penyusunan laporan akuntabilitas dan kinerja satuan pendidikan untuk satu tahun terakhir. Rencana kerja juga harus disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah. Bahkan pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan kembalinya ke kurikulum 2006,serta pada tahun pelajaran 2016/2017 muncul berbagai program dan kegiatan seperti program Pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan satuan . 7.Standar Pembiayaan Biaya penyelenggaraan pendidikan di SDN 2 Raharja selama ini hanya mengandalkan bantuan dari Pemerintah Pusat ( BOS Pusat ) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ( BOP Provinsi ) dan Donatur lainnya. 8.Standar Penilaian Standar penilaian pendidikan di SDN 2 Raharja telah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian prestasi belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar peserta didik dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri No. 20 tahun 2007, dan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. B. MASALAH DALAM PENCAPAIAN SNP Masalah yang ditemukan dari delapan standar pendidikan untuk pencapaian standar nasional pendidikan dapat disimpulkan diantaranya : Lemahnya kemauan (berinovasi) tenaga pendidik untuk meningkatkan kemampuan, dikarenakan dipengaruhi kelemahan lainnya seperti: • Sikap Keer (Kepedulian) • Sikap Resfek (Cepat tanggap) • Sikap Resfonsif (Tanggungjawab) • Sikap rasa syukur (mensyukuri nikmat) Sehingga sampai saat ini menuju guru yang professional sangat lambat, sehingga imbas dari hal tersebut peningkatan mutu pendidikanpun lambat pula ,khususnya di SD Negeri 2 Raharja. 1. Solusi yang dilakukan Dalam mengatasi dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam pencapaian standar nsional pendidikan kami mencoba menggunakan teknik lain diantaranya : • Pendekatan dan kemiteraan • Musyawarah secara mupakat • Komitmen dan peningkatan Kompetensi 2. Prosentase Keberhasilan Keberhasilan rencana dan pelaksanaan program kerja kami pada tahun lalu dapat digambarkan sebagai berikut: 100% 90% 80% 70% 60% 50% 40% 30% 20% 10% Prosentasi keberhasilan SKL SI PROSES TENDIK SAPRAS PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENILAIAN KONDISI NYATA PADA SAAT INI BAB. V PRIORITAS RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 1. Standar Kompetensi Lulusan • Meningkatkan penggunaan dan pemanpaatan media pembelajaran dalam memahami kompetensi dasar suatu materi untuk pelajaran IPA, IPS, PKn dan PAI bagi siswa kelas 4, 5 dan 6, untuk persiapan lulus US. • Peningkatan kebiasaan berperilaku santun dan ucapan yang baik dan hormat. • Pembiasaan meningkatkan pelaksanaan ektrakurikuler, karya seni dan budaya, kebugaran jasmani, serta penggunaan teknologi yang sehat dalam pendidikan di sekolah bagi seluruh siswa SDN 2 Raharja. 2. Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan • Memotivasi guru penyelesaian S.1 yang linier. • Mengikuti pelatihan-pelatihan, penataran,TOT, in house training dan lain sebagainya.(Guru Pembelajar). • Mengikuti KKKS dan KKG baik regular maupun Program Bermutu. • Mengikuti seminar, loka karya, dan pertemuan forum ilmiah lainnya. • Memotivasi guru untuk belajar computer dan memilikinya. 3. Standar Sarana Prasarana • Rehabilitasi 3 ruang kelas • Perbaikan WC siswa • Pemenuhan dan pemeliharaan sarana Prasarana. • Melengkapi buku-buku sumber atau buku referensi • Menambah dan melengkapi buku-buku referensi/bacaan perpustakaan. • Melengkapi sarana dan media pembelajaran . • Melengkapi sarana kegiatan ekstrakurikuler. • Menambah jumlah computer • Menambah jumlah mebelair ruang kelas. • Meningkatkan upaya pemeliharaan terhadap asset sekolah. 4. Standar Pengelolaan • Meningkatkan pelayanan bimbingan siswa. • Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler. • Mengembangkan bakat dan potensi siswa. • Menanamkan semangat belajar, berkompetisi secara sehat, dan sportif. 5. Standar Isi • Melengkapi dan menertibkan adminstrasi kurikulum. • Mengikuti pelatihan /penataran tentang pendidikan bermutu. • Mengikuti KKG/KKKS . • Mengikuti latihan pengembangan kurikulum. • Mengadakan implementasi dan simulasi teknik-teknik pembelajaran dan mendiskusikan pemecahan masalah yang dialami/dihadapi 6. Standar Pembiayaan • Mengikuti pembinaan dan pelatihan pengelolaan dana BOS. • Membina dan mengembangkan gerakan suka menabung. • Menertibkan manajemen pengelolaan keuangan sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, moral, dan profesional. 7. Standar Pengelolaan • Meningkatkan peran dan fungsi komite sekolah. • Memberdayakan orang tua siswa dan masyarakat dalam upaya turut memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan. • Mengikut sertakan warga sekolah dalam even-even tertentu dalam upaya menjalin hubungan baik dan promosi sekolah. 8. Standar Penilaian Pendidikan • Mengerjakan administrasi sekolah,administrasi guru kelas, administrasi guru mata pelajaran diantaranya bidang kesiswaan,proses dan hasil belajar sebagai persiapan akreditasi. • Mengadakan Penilaian Proses dan Hasil Belajar Siswa setiap akhir Kompetensi Dasar dari setiap kelas. • Melaksanakan Ulangan Tengah Semester untuk setiap kelas. • Melaksanakan Ulangan Akhir Semester untuk setiap kelas. • Melaksanakan Ulangan Kenaikan Kelas untuk setiap kelas. • Melaksanakan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional bagi siswa kelas enam. BAB. VI TUJUAN SEKOLAH YANG HENDAK DICAPAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 A. TUJUAN KHUSUS • Siswa Kelas VI lulus 100 % dengan nilai US rata-rata 7.5 serta 100% melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat. • Mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7.50 untuk semua mata pelajaran • Setiap warga sekolah memiliki etos kerja dan mental juara • Tampil menjadi juara lomba olah raga di tingkat kecamatan. • Mampu mengembangkan 3 cabang olah raga yaitu Voli Bal Tenis Meja danTakrow • Terpenuhinya buku teks mata pelajaran yang di US kan bagi setiap siswa • Tetap meningkatkan keterampilan computer • Peningkatan tata lingkungan sekolah • Terlaksananya rehabilitasi tiga ruang kelas • Terwujudnya tempat cuci tangan • Terlaksananya perbaikan WC siswa. • Tampil menjadi salah satu SD Pavorit di Kecamatan Purwaharja • Setiap warga sekolah senantiasa memiliki etos kerja dan mental juara • Sebagian guru memliki computer atau laptop • Sebagian besar guru ( 100%) berijazah Sarjana Pendidikan atau S.1 • Tampil menjadi juara lomba seni dan olah raga di tingkat Kota Banjar • Terpenuhi kebutuhan buku teks semua mata pelajaran bagi seluruh siswa • Tampil menjadi salah satu Sekolah “ wiyata Mandala” di Kota Banjar B. TUJUAN UMUM Program Kerja Sekolah ini disusun dengan tujuan : 1. Sebagai pedoman pelaksanaan pemenuhan standar pelayanan minimal dan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja. 2. Sebagai alat kontrol terhadap pelaksanaan pengembangan sekolah pada tahun pelajaran 2016/2017 di SD Negeri 2 Raharja. 3. Sebagai alat evaluasi terhadap pelaksanaan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandalaa di SD Negeri 2 Raharja. 4. Sebagai standar Ukur pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SD negeri 2 raharja pada tahun pelajaran 2016/2017 . C. HASIL YANG DIHARAPKAN Secara umum dengan adanya program ini diharapkan kegiatan pelaksanaan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja,saling bersenergi satu sama lain. Senerginitas kegiatan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja antara Pengawas, kepala sekolah, komite dan guru , yang bermuara pada aktivitas siswa sehingga memberikan hasil sebagai berikut : 1. Terwujudnya komitmen dan kerja sama yang didukung dengan adanya aktivitas Pengawas, kepala sekolah, komite dan guru yang bermuara pada aktivitas peserta didik dan warga sekolah. 2. Terjadinya budaya kerja dan peningkatan profesionalitas secara bersama antara guru dengan kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam upaya menjamin mutu pendidikan khususnya mewujudkan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja. 3. Terwujudnya sejumlah peserta didik yang terampil berwawasan Kesenian dan siap melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. 4. Terciptanya lingkungan sekolah “ASTANA” BAB. VII RENCANA DAN KEGIATAN PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 A. JENIS RENCANA DAN KEGIATAN 1. Standar Kompetensi Lulusan • Meningkatkan penggunaan dan pemanpaatan media pembelajaran dalam memahami kompetensi dasar suatu materi untuk pelajaran IPA, IPS, PKn dan PAI bagi siswa kelas 4, 5 dan 6, untuk persiapan lulus US. • Peningkatan kebiasaan berperilaku santun dan ucapan yang baik dan hormat. • Pembiasaan meningkatkan pelaksanaan ektrakurikuler, karya seni dan budaya, kebugaran jasmani, serta penggunaan teknologi yang sehat dalam pendidikan di sekolah bagi seluruh siswa SDN 2 Raharja. 2. Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan • Memotivasi guru terus mempelajari menguasai teknik pelaksanaan implementasi kurikulum 2013.(mengenai pembelajaran tematik terpadu) • Mengikuti pelatihan-pelatihan, wrorkshop, penataran,TOT, in house training dan lain sebagainya. • Mengikuti KKKS dan KKG baik regular maupun Proram pendampingan. • Mengikuti seminar, loka karya, dan pertemuan forum ilmiah lainnya. • Memotivasi guru untuk belajar computer/ICT/TIK. 3. Standar Sarana Prasarana • Pemenuhan dan pemeliharaan sarana Prasarana. • Melengkapi buku-buku sumber atau buku referensi • Menambah dan melengkapi buku-buku referensi/bacaan perpustakaan. • Melengkapi sarana dan media pembelajaran . • Melengkapi sarana kegiatan ekstrakurikuler. • Membuat ruang komputer. • Membuat gudang dan kantin • Menambah jumlah computer/laktop. • Merebilitasi ruang kelas • Meningkatkan upaya pemeliharaan terhadap asset sekolah. 4. Standar Proses  Meningkatkan pelayanan bimbingan siswa.  Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler.  Mengembangkan bakat dan potensi siswa.  Menanamkan semangat belajar, berkompetisi secara sehat, dan sportif. 5. Standar Isi  Melengkapi dan menertibkan adminstrasi kurikulum.  Mengikuti pelatihan /penataran tentang pendidikan bermutu.  Mengikuti KKG/KKKS .  Mengikuti latihan pengembangan kurikulum.  Mengadakan implementasi dan simulasi teknik-teknik pembelajaran dan mendiskusikan pemecahan masalah yang dialami/dihadapi 6. Standar Pembiayaan • Mengikuti pembinaan dan pelatihan pengelolaan dana BOS. • Membina dan mengembangkan gerakan suka menabung. • Menertibkan manajemen pengelolaan keuangan sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, moral, dan profesional. 7. Standar Pengelolaan • Meningkatkan peran dan fungsi komite sekolah. • Memberdayakan orang tua siswa dan masyarakat dalam upaya turut memajukan dan meningkatkan kulaitas pendidikan. • Mengikutsertakan warga sekolah dalam even-even tertentu dalam upaya menjalin hubungan baik dan promosi sekolah. 8. Standar Penilaian Pendidikan • Mengerjakan administrasi sekolah,administrasi guru kelas, administrasi guru mata pelajaran diantaranya bidang kesiswaan,proses dan hasil belajar sebagai persiapan akreditasi. • Mengadakan penilaian administrasi Guru kelas dan Guru mata pelajaran • Mengadakan penilaian Proses pembelajaran. • Mengadakan Penilaian Proses dan Hasil Belajar Siswa setiap akhir Kompetensi Dasar dari setiap kelas. • Melaksanakan Ulangan Tengah Semester untuk setiap kelas. • Melaksanakan Ulangan Akhir Semester untuk setiap kelas. • Melaksanakan Ulangan Kenaikan Kelas untuk setiap kelas. • Melaksanakan Ujian Sekolah bagi siswa kelas enam.  Indikator Keberhasilan • Terwujudnya peningkatan mutu pelayanan pembelajaran yang mendidik,menyenangkan,dan bermakna bagi siswa. • Meningkatnya pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kinerja guru dengan ditunjukkan perubahan perilaku mengajar yang lebih baik di dalam maupun di luar kelas. • Meningkatnya nilai kepercayaan masyarakat kepada sekolah dengan adanya penambahan peserta didik baru. • Terwujudnya lingkungan sekolah “ASTANA” (ASRI,SEJUK,TERTIB,AMAN,NECIS DAN ALAMI) B.JADWAL KEGIATAN NO URAIAN PELAKSANAAN PROGRAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017 BULAN / MINGGU KET JULI AGS SEPT OKT NOP DES 2016 JAN 2017 PEBR MRT APL MEI JUN 1 Memotivasi guru PNS dan NON PNS untuk menyelesaikan kualifikasi akademiknya yang linier √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 2 Mengikutsertakan pelatihan-pelatihan, penataran, seminar, loka karya, KKG, KKKS, Pertemuan llmiah, dan lain sebagainya. √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 3 Merekrut nara sumber sebagai tenaga akhli √ 4 Memotivasi guru untuk belajar computer √ √ 5 Melengkapi buku-buku sumber atau buku referensi √ 6 Menambah jumlah computer/laktop. √ √ 7 Merehabilitasi ruang 3 kelas √ 8 Membuat musola 9 Meningkatkan pelayanan bimbingan siswa √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 10 Melengkapi dan menertibkan adminstrasi kurikulum √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 11 Mengikuti pelatihan PTK √ √ √ 12 Mengikuti KKG/KKKS √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 13 Mengikuti latihan pengembangan kurikulum √ 14 Mengadakan implementasi dan simulasi teknik-teknik pembelajaran dan mendiskusikan pemecahan masalah yang dialami/dihadapi √ 15 Mebuat benteng pembatas Sekolah dengan TPU √ √ √ 16 Penataan taman sekolah √ 17 Penyempurnaan Pembuatan Drenase √ 18 Penyempurnaan Pembuatan tempat cuci tangan √ 19 Penyempurnaan Pembuatan sekretariat Pramuka √ NO URAIAN PELAKSANAAN PROGRAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017 BULAN / MINGGU KET JULI AGS SEPT OKT NOP DES 2015 JAN 2016 PEBR MRT APL MEI JUN 20 Mengikuti pembinaan dan pelatihan pengelolaan dana BOS. √ √ 21 Mengerjakan administrasi sekolah,administrasi guru kelas, administrasi guru mata pelajaran diantaranya bidang kesiswaan,proses dan hasil belajar sebagai persiapan akreditasi. √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 22 Mengadakan penilaian administrasi Guru kelas dan Guru mata pelajaran √ √ 23 Mengadakan penilaian Proses pembelajaran. √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 24 Mengadakan Penilaian Proses dan Hasil Belajar Siswa setiap akhir Kompetensi Dasar dari setiap kelas √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 25 Melaksanakan Ulangan Tengah Semester untuk setiap kelas. √ √ 26 Melaksanakan Ulangan Akhir Semester √ 27 Melaksanakan Kegiatan Jeda √ 28 Melaksanakan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional bagi kls VI √ √ 29 Melaksanakan Ulangan Kenaikan kls bagi siswa kls I- V √ 30 Melaksanakan Pentas Seni pada akhir tahun ajaran √ BAB. VIII PENUTUP Peningkatan mutu sekolah merupakan harapan utama sebagai mana yang dituangkan pada Visi dan Misi Sekolah. Agar rencana pengembangan sekolah ini berfungsi secara berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan apa yang diharapkan, maka seluruh stakeholders sekolah harus memiliki sikap, motivasi, langkah dan komitmen yang sama sehingga terjadi sinerginitas dengan baik. Terutama para pelaksana pendidikan yaitu guru harus benar-benar memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi supaya seluruh program yang ada dalam rencana pengembangan sekolah ini dapat direalisasikan sebagaimana mestinya. Terutama dalam menerapkan teknik-teknik pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran perlu keseriusan karena mutu pendidikan mustahil akan terwujud apabila tidak ada niat, kemauan ,keinginan dan upaya untuk merobah kebiasaan cara mengajar gaya lama dengan teknik dan media pembelajaran yang kini terus dikembangkan dan digalakkan. Melalui pembinaan yang terprogram serta berkelanjutan diharapkan dapat mewujudkan sekolah memiliki nilai kepercayaan tinggi dari masyarakat. Melalui kegiatan ini guru dapat memotivasi diri untuk selalu melakukan perbaikan terhadap kompetensi/subkompetensi hingga dicapai predikat guru professional,akhirnya akan berdampak terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dan mutu pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar